Deskripsi Program Pembatik Level 3 - Kreasi
Pembatik (Peningkatan Kompetensi TIK bagi Guru) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Setelah guru menyelesaikan Pembatik Level 1 (Literasi) dan Level 2 (Implementasi), mereka dapat melanjutkan ke Pembatik Level 3 - Kreasi. Pada level ini, fokus utama adalah pada kemampuan guru dalam menciptakan dan mengembangkan konten pembelajaran digital secara kreatif.
Fokus Pembatik Level 3: Kreasi Konten Pembelajaran Digital
Pembatik Level 3 bertujuan untuk melatih guru agar mampu menghasilkan konten digital yang kreatif dan inovatif yang dapat memperkaya materi pembelajaran di kelas. Di sini, guru didorong untuk lebih mandiri dalam mengembangkan media pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik bagi siswa.
Beberapa topik dan kemampuan yang ditekankan pada Pembatik Level 3 antara lain:
- Pengembangan Konten Video Pembelajaran: Guru diajarkan untuk membuat video pembelajaran yang kreatif, menggunakan aplikasi seperti Filmora, Kinemaster, atau bahkan fitur-fitur editing yang tersedia di platform media sosial seperti YouTube. Mereka belajar mengenai teknik pembuatan naskah, pengambilan gambar, dan editing untuk menghasilkan video yang mudah dipahami oleh siswa.
- Membuat Infografis dan Presentasi Interaktif: Guru diajarkan untuk membuat infografis menarik yang dapat digunakan untuk menyajikan data atau informasi dengan cara yang lebih visual dan menarik. Aplikasi seperti Canva atau Piktochart sering digunakan dalam pelatihan ini. Selain itu, guru juga belajar membuat presentasi interaktif menggunakan aplikasi seperti Prezi atau Microsoft Sway.
- Pembuatan Modul Digital dan E-book: Guru dilatih untuk membuat modul pembelajaran dalam format digital, seperti e-book atau modul interaktif yang dapat diakses oleh siswa melalui perangkat elektronik. Ini membantu dalam mendigitalisasi materi ajar sehingga lebih mudah diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja.
- Penyusunan Kuis dan Permainan Edukatif: Guru juga dibekali kemampuan untuk membuat kuis dan permainan edukatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Aplikasi seperti Quizizz, Kahoot, dan Wordwall sering digunakan untuk membuat kegiatan belajar yang menyenangkan.
- Penggunaan Platform dan Aplikasi Kreatif Lainnya: Selain aplikasi yang sudah umum, guru diperkenalkan dengan berbagai platform dan aplikasi kreatif lainnya yang bisa mendukung pembuatan konten, seperti aplikasi untuk membuat podcast atau materi audio, serta aplikasi animasi sederhana.
Tujuan Pembatik Level 3
Pembatik Level 3 bertujuan agar para guru mampu:
- Mengembangkan Media Pembelajaran Kreatif: Guru diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih bervariasi dan kreatif, sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
- Menyajikan Materi dengan Cara Visual yang Menarik: Kemampuan membuat video, infografis, dan animasi memungkinkan guru untuk menyampaikan informasi yang kompleks dengan cara yang lebih sederhana dan visual, yang membantu siswa dalam memahami materi.
- Menyesuaikan Konten dengan Kebutuhan Siswa: Dengan kemampuan membuat konten sendiri, guru dapat lebih fleksibel dalam menyesuaikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan spesifik dari siswa-siswanya, termasuk membuat konten yang relevan dengan konteks lokal.
Manfaat Pembatik Level 3
Mengikuti Pembatik Level 3 memberikan berbagai manfaat bagi guru, antara lain:
- Meningkatkan Kualitas Pengajaran: Guru yang mampu membuat konten digital sendiri dapat menghadirkan pengalaman belajar yang lebih kaya dan beragam bagi siswa, membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik.
- Memperkaya Sumber Belajar: Dengan kemampuan membuat materi digital, guru dapat menciptakan sumber belajar tambahan yang bisa digunakan oleh siswa sebagai bahan pendukung, seperti video penjelasan, infografis, atau modul digital.
- Menjadi Inovator Pembelajaran: Guru yang kreatif dalam membuat konten dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sejawat, membantu menciptakan budaya inovasi di lingkungan sekolah.
Kesimpulan
Pembatik Level 3 - Kreasi adalah tahapan yang mengajak para guru untuk menjadi lebih kreatif dalam membuat konten pembelajaran digital yang menarik dan relevan. Program ini memberikan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan bakat kreatif mereka dan menghasilkan media belajar yang dapat mendukung proses pengajaran di era digital. Dengan menyelesaikan Level 3, guru tidak hanya berperan sebagai pengguna teknologi, tetapi juga sebagai kreator konten yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Berikut saya lampirkan link MPI yang saya buat:
https://drive.google.com/file/d/1uLEJqhhjYWNkoTIz7vNs_ayZcicd9TY7/view?usp=sharing
0 komentar:
Posting Komentar